Resep


Ini adalah kali pertama aku mau menuliskan yang namanya resep. Dan tentunya bukan resep obat, karena aku bukan anak farmasi :)  Sebagai anak rumahan yang setahun gak jelas kerjaannya (baca #pengangguran) aku dikit – dikit mbantuin orang rumah masak.

Apalagi setelah kepergian mama, aku menjadi partner kerja bapak di rumah. Awalnya aku memasak dengan mengikuti gaya masakan mama, namun karena sekarang masaknya bareng bapak, semua masakanku hampir didominasi bumbu dan trik masak dari bapak. Ya, jujur dulu sewaktu masih SMP dan SMA males banget bersentuhan dengan dapur. Aku juga bukan anak yang suka makan, jadi ga terlalu tertarik dengan urusan yang satu ini. Jadi sekarang harus mulai banyak belajar tentang masakan dan sering – sering masak. Cmiwww….

Hehe.. berhubung sekarang Ramadhan, aku jadi lebih sering nyiapin menu buka bareng Bapak. Kita berbagi job masak secara otomatis, tanpa  ngrumusin pembagian job di awal. Masak bareng bapak tuh enak, langsung gercep tanpa ba bi bu… semuanya beres.

Awalnya aku ga suka masak dengan partner, ibaratnya cheff ya harus 1 cheff di 1 dapur. Jadi ga banyak bawel di dapur. Karena kadang sepupu ataupun kakakku mau ikut nimbrung masak, perasaanku ga nyaman. Jadi terpancing buat bawel ini itu. Tapi masak dipartneri bapak beda banget, beliau diam dan langsung tindakan. Jadi cepet kelar.

Dan akhirnya baru kali ini kurasakan asyiknya masak dengan partner, bapak.

Sekarang juga mulai mikir menu makanan yang sehat, bukan hanya masakan enak. Karena ancaman penyakit #diabetes dan #kolesterol yang makin marak, jadi harus berhati – hati.

OK. Karena judulnya “RESEP” aku cukupkan dulu sejarahnya. hehe…

> RESEP untuk setiap Oseng

Bumbu wajib:

  1. Bawang Merah – Putih (tambah bawang bombay kalo ada)
  2. Cabe
  3. Kemiri
  4. Garam
  5. Gula merah

Cara mengolah bumbu:

  • Bumbu no. 1-4 diulek pake cobek, sedangkan disisir lembut.
  • Oseng bumbu
  • Setelah harum, masukin gula yang telah disisir.
  • Ntar bisa masukin tomat atau bumbu tambahan lainnya sesuka hati
  • Terakhir sayur.
  • Tambahin air secukupnya.

 

Ringkas banget ya.. tapi ya itulah resep oseng di rumahku. hehe…

Makasih ya bagi teman2 yang udah mau baca ^_^

~happy cooking

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s