9 Tips Bertransaksi dengan Gadgetmu


Seringkali teman – teman semua merasakan bagaimana ribetnya untuk mengurus ini dan itu saat kondisi harus ‘mager’ di rumah, di kantor, ataupun di kampus. Padahal ada beberapa urusan pembayaran yang harus dilakukan seperti membayar listrik, cicilan kendaraan, pulsa, transfer tunai dan lain sebagainya. Sedangkan keadaan sedang tidak memungkinkan untuk pergi keluar ‘mengeposkan’ sebagian uang kita untuk hal – hal tersebut. Seperti hujan lebat, tak ada kendaraan, atau harus menjaga anak – anak di rumah khususnya bagi ibu – ibu. Pastilah solusinya ada di transaksi non tunai, yang bisa dijalankan dengan gadget yang kita punyai.

Namun kendala selanjutnya adalah ketakutan yang sering membuat kita enggan dalam melakukan transaksi tersebut. Contohnya takut penipuan, salah pencet nomor, harus download aplikasi tertentu dan sebagainya. Pokoknya banyak deh yang bikin ketakutan tersendiri… duh… belum apa – apa sudah pusing duluan. Sayang kan…. Padahal teknologi ini mempermudah, tapi karena soal perasaan jadi malah menghindari teknologi ini.

Nah, di sini saya mau ngasih tips aman, nyaman, dan mudah bagi teman – teman semua. Silakan disimak ya ^_^

  1. Pastikan teman – teman punya yang namanya kartu kredit ataupun debit ya, tentunya yang ada saldonya. cmiiwww….
  2. Cari tahu aplikasi yang bisa digunakan untuk transaksi non tunai sesuai penyedia jasa kartu kredit atau debit teman – teman. Kalau bingung hubungi kantor cabang terdekatnya. Cari tau bagaimana cara penggunaan, peraturan, biaya yang dibebankan dan lain sebagainya.
  3. Nah, pasang aplikasi tersebut dalam gadget yang mendukung. Pastikan username, password dan PIN hanya kamu yang tahu. OK?!
  4. Buka aplikasi tersebut hanya di gadgetmu saja, jangan buka aplikasi dari gadget milik orang lain.
  5. Bila dibuka dengan menggunakan laptop atau komputer, jangan lupa untuk tidak mencentang bagian “Simpan Sandi”. Walaupun di laptop atau komputer milik sendiri ya.
  6. Pakailah aplikasi tersebut dengan seksama, misalkan dengan mengulangi pembacaan no. rekening yang mau dituju.
  7. Memastikan ada bukti pengiriman uang non tunai dan menyimpan bukti tersebut dalam folder khusus. Kalau teman – teman memakai hp, teman – teman bisa sekedar screenshoot laman tersebut.
  8. Setelah transaksi selesai teman – teman bisa logout. Benar – benar logout ya.
  9. Sebelum memulai dan mengakhiri transaksi bacalah doa terlebih dahulu, dan lakukan dengan kondisi tenang serta tidak terburu – buru.

Yaps, itu tips dari saya sore ini. Semoga teman – teman bisa merasakan kemudahan bertransaksi dengan menggunakan uang non tunai.

Yuk galakkan Gerakan Nasional Non Tunai bersama orang – orang di sekitarmu! Semangat!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s