Belajar Nulis Bareng Isah Kambali


Hai semuaa… ^_^

Kali ini aku mau menuliskan tentang pengalaman menulis artikel yang dipandu sama coach super keren Mba Isah Kambali. Jadi ceritanya beberapa bulan kemarin, Agustus lebih tepatnya, aku mengikuti grup artikel SEO. Kami berbanyak mulai diajari bagaimana menentukan google adwords planner dalam suatu  artikel, penentuan nama blog atau web, dan cari tau saingan web kita.

Merasa beruntung bisa join di pelatihan nulis ini. Karena dikasih tau banyak banget trik menulis. Sayangnya di bulan itu aku baru masuk kuliah dan akhirnya ga optimal ikut pelatihan. Sampai sekarangpun hanya tugas bikin blog baru yang kugarap, selain itu belum tergarap sama sekali.

Dan kali ini, tulisan ini pun sebenarnya PR buatku, untuk bisa menyusul pelatihan berikutnya, tapi aku nulis dari hati yang terdalam koq. Walaupun banyak terseok – seok untuk bisa menulis sesuai anjuran mba Isah, aku masih punya keinginan biar bisa nulis artikel yang bagus, punya web yang keren yang bisa muncul di halaman pertama pencarian google.

Selain niat yang harus dijaga, menulis artikel pun butuh yang namanya ‘push’ diri. Harus benar – bener ‘push’ karena bukan hanya masalah ide, tapi manajemen waktu buat nulis juga butuh. Harus mau dan mampu menyediakan waktu buat nulis. Ga bisa yang namanya nulis itu pakai waktu sisa. Biar semuanya optimal.

Hehe terkait ide juga bukan tunggu mood ‘bolong’. Kalau kitanya moody ya ga bakalan bisa produktif nantinya. Makanya di pelatihan tulis – menulis seringkali kita diajak nulis secara rutin, seperti setiap hari 1 artikel selama 30 hari. Hal itu bisa numbuhin budaya nulis, budaya nulis yang ga butuh mood, tapi benar – benar mencurahkan seluruh pikiran dan perasaan kita buat nulis.

Di grup artikel SEO, aku juga banyak belajar dari teman – teman yang memang basicnya jualan online dengan manfaatin sosial media. Bagaimana branding produk di web supaya bisa ngalahin saingan kita. Banyak diskusi yang bermanfaat pokoknya dan karena aku masih awam, aku sering jadi silent reader dan loncat – loncat ke link web teman – teman. hehe…

Oya, di pelatihan ini aku suka banget kalo Mba Isah ngirim audio file, selain suaranya yang enak di dengar, semangatnya juga kerasa banget. Hingga bisa bikin semangatku meluap – luap. Jadi keinget, ini kedua kalinya aku ndengerin mba – mba yang bisa mbikin semangat meledak, dulu mba Syifa dan sekarang mba Isah. Haha… thanks a lot mbaaak.

Itu review dariku, semoga bermanfaat. Dan aku ingin belajar banyak dari Mba Isah, syukur – syukur kita bisa kopdar lagi ya mbak.

by Alfath yang lagi nyelesein job nulis. cmiwww… ^_^

 

 

Leave a Reply

