Percepatan Kehidupan


Ow… ow… ow… ternyata Oktober dah lewat, benar – benar dilatasi waktu terjadi.  Semoga Allah tetap ngasih kesempatan buatku belajar dan memperbaiki diri.

Let’s see! apa yang sudah kulakukan di bulan kemarin. UTS sudah terlewat dan 3 pekan lagi mau UAS, kembali ngaji bersama teman – teman di sini, dan sudah mulai riset – riset di lab. Ditambah program FC dan yoga practice (walaupun kumat – kumatan, hehe) sudah mulai kucoba. Aku senang semuanya berjalan dengan baik, dan harus bener – bener ningkatin quality time untuk belajar. Semangat!

Allah memberikan percepatan begitu banyak di bulan ini. Segala sesuatu yang kukira akan terjadi di semester depan, Allah berikan lebih awal. Seperti riset yang sedang kujalani. Dipertemukan dengan orang – orang luar biasa yang selalu memacu semangat untuk belajar, melakukan penelitian, conference dll.

Yup, konsekuensinnya tiap pekan bertambah padat. Dan kepadatan ini merupakan cara ampuh untuk mengurangi yang berbau – bau korea, sebut saja Drama Korea yang lagi hits. Aku suka, dan aku tak menyesal. Karena biasanya setelah nonton drakor kelamaan efeknya nyesel. Nyesel waktunya kebuang banyak buat nonton dan waktu buat baca berkurang drastis. Tapi ya sometime masih tetap nonton cuman liat – liat sikon saja.

Sadar ga sadar, gabung dengan tim riset sekarang menjadi pelajaran penting bagiku. Bukan sekedar ngikut riset dan tesis bisa beres, namun budaya dan karakter peneliti bisa dibangun mulai dari grup riset ini. Kupikir benar adanya, kalopun kita penelitian cuma buat riset doang itu bener – bener mempersempit diri, beda dengan penelitian yang kita bisa explore untuk tesis iya dan untuk keilmuan lain juga iya, like a conference. Tambah – tambah jurnal ilmiah dan pengalaman tentunya. So, lagi – lagi ini kado yang Allah berikan ke aku biar aku banyak belajar banyak berkarya. Dan semoga dengan melalui riset ini, aku bisa semakin berkembang.

Jadi kalo teman – teman jadi mahasiswa, manfaatkan jaringan riset di kampusmu, ikut gabung dan belajarlah banyak dari grup tersebut. Maybe Allah will give some surprise then to you. Bisa jadi diajak conference ke luar negeri lho (siapin passport yak!).

Banyak – banyak baca jurnal (kamu juga Nunk! harus banyak baca ~introspeksi) juga faktor penting yang harus dilakukan, dengan ini kamu bisa mengetahui perkembangan ilmu sampai mana. Soalnya baca text book saja itu kurang.

Selain itu dengan gabung grup riset juga bisa meluaskan jaringan kita. Kalo mau kuliah di luar negeri, tentunya akan lebih mudah kalo dosen di kampus punya relasi dosen di luar. Kan bisa langsung kontak saja tuh. Pokoknya gak ada ruginya.

Tetap semangat belajar! semangat riset! dan berdoa banyak – banyak supaya diberi kemudahan sama Allah, menjadikan apa yang kita lakukan bermanfaat untuk orang lain, dan mimpi – mimpi kamu terijabah satu persatu. Aamiin…

oh ya.. Alhamdulillah juga, Mba Uthe bulan Desember wisuda. Whooaa… happy graduation ya Sist! i’m so proud of you.

ok, guys…that’s all curcolku pagi ini.

Semoga harimu menyenangkan. see you!

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s