Mommy


Rindu rasanya setelah beberapa waktu belum menulis lagi di sini. Mungkin pikiran ini belum bisa tertata untuk menghadapi aktivitas yang baru ini.

Rindu pula pada mamaku di sana. Setelah beberapa hari ini sekilas terlihat, terdengar, dan teringat beberapa hal yang membuatku semakin merindukannya.

Ketika kumendengarkan ayat – ayat Al Qur’an atau sekedar membacanya sendiri, aku mengingat kejadian ketika mama di rumah sakit dan hanya akan bisa tertidur jika kuperdengarkan murotal Al Qur’an di sampingnya. Dengan perkataannya yang selalu ingin mendengarkan Al Qur’an ketika bapak ataupun aku yang membacakannya. Pernah suatu kali aku dan bapak tak bisa menjaganya di rumah sakit, ternyata semalaman mama kurang bisa tidur. Budhe merasakan keanehan ketika aku datang dan langsung menyetel murotal, langsung saja mama bisa pulas kembali.

Aku pun jadi teringat kembali ketika aku pagi ini ingin menyeduh kopi hitam untuk meredakan migrainku. Aku teringat di masa – masa beliau masih sehat, setiap pagi menyeduh segelas kopi yang akhirnya kita habiskan bersama – sama. Terkadang malah sekeluarga minum dari gelas yang sama pula. Ah… kenangan ini…

Sebuah lagu di warung makan kemarin sore pun menjadikan mataku berkaca – kaca. Aku berusaha menahannya di sana. Pun aku tak mau memperlihatkan kesedihanku saat itu.

Sewaktu mudik kemarin. Ketika sepupuku bercerita, dalam mimpinya bertemu mama. Oh… betapa inginnya bermimpi yang sama. Walaupun itu sekedar mimpi.

Semua menjadi kenangan yang terpatri di memory semenjak kepergiannya. Menangis rindu padanya, bukan tidak mengikhlaskan kepergiannya. Hanya rindu… dan rindu…

Ketika mbakku bercerita setelah ia menyelesaikan sidang thesis pertamanya, dosennya bilang bahwa ia dianggap paling baik seangkatan jurusan seni rupa saat ini. Jika berita ini terdengar sampai mama, pasti ia pun bangga.

Aku  pun berusaha untuk bisa menyerap ilmu sebaik mungkin di sini, bersungguh – sungguh.

#kopipagi

#rindu

Leave a Reply

