Apa yang Kudapat dari Menulis? (2)


Setelah bulan kemarin kuposting “Apa yang Kudapat dari Menulis?”, kali ini akan kuposting lagi untuk bagian dua.

Ya, ternyata masih banyak lho manfaat yang bisa kita dapatkan ketika kita menulis. Mau tahu lebih banyak? yuk simak baik – baik.

Manfaat ke 1-6 bisa Kawan – kawan lihat di sini.

7. Bisa menambah penghasilan. So pasti Kawan – kawan bisa lihat sendiri kan penulis – penulis terkenal yang bisa kaya dengan karya – karyanya. Seperti J.K Rowling, Andrea Hirata, dan lain sebagainya. Aku pun merasakannya sendiri, dengan menulis artikel selama kurang lebih 6 bulan ini, ada pemasukan tak terduga yang muncul di rekening. Belum sebanyak mereka – mereka yang sudah terkenal sih, tapi ini adalah bukti bagaimana kata – kata yang tersusun bisa menghasilkan uang. haha… *mata duitan banget😛

8. Menulis akan menambah banyak wawasan ilmu buat kita sendiri.  Walaupun menulis adalah memberikan informasi buat orang lain, justru dengan menulislah ilmu akan lebih banyak kita serap. Ada 3 kali pekerjaan ketika kita menulis, menyisipkan info di tulisan kita, membacanya berulang – ulang, dan membagikannya ke khalayak publik. Al hasil info tersebut malah nyantol terus di otak kita.

9. Dengan menulis, tata bahasa lisan kita bertambah dan makin teratur. Ini efek makin banyaknya ilmu yang kita serap di poin 8, akan menambah isi dalam otak kita. Sehingga kalau kita ngomong cas..cis..cus.. paling nggak, gak akan buat malu diri kita sendiri. Bandingin aja di kehidupan kawan  – kawan semua antara orang yang suka nulis sama yang enggak. Pasti ada bedanya lah. Mungkin di poin 9 ini, tak memberikan perbedaan yang besar bagi orang – orang yang diem ya… karena mereka memang jarang banget ngomong, hihi…

10. Menambah luasnya jaringan. Seperti jaringan 4G berbagai brand internet di Indonesia yang semakin luas bahkan hingga jaringan bawah laut, dengan menulis Kawan – kawan akan menjumpai banyak kawan lainnya sesama penulis, kawan di penerbitan, kawan pecinta buku, dan banyak lainnya. Intinya jaringannya nambah banget lah. Beda sama orang diem di kamar dan tak punya kegiatan apa – apa.

11. Oh ya, dengan menulis Kawan – kawan bisa jalan – jalan gratis. Berlaku bagi yang sudah menjadi penulis terkenal. Seperti Bunda Asma Nadia gitu… ah… pengen…~

12. Menulis, bisa dikerjakan di mana saja. Tak perlu harus dengan pakaian perlente di kantor mewah dan segala uba rampenya. Yang jelas menulis bisa jadi kerjaan yang bikin kamu nyaman. Bisa seharian di rumah sambil bersama keluarga tercinta. Bisa disambi yang lain pokoknya.

ok, thats all. Saya rasa itu untuk tambahan di bagian 2. Next time kalau ada tambahan lagi saya tuliskan kembali.

Happy Writing! Happy Reading!

Kawan – kawan juga bisa baca – baca artikel lainnya di page ku bersama kawan – kawan kontributor bumi di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s