Setiap yang bernyawa akan merasakan kematian….


Setiap yang bernyawa akan merasakan kematian….

Ya… aku, kamu, mereka… kita semua akan merasakan kematian. Kematian yang tak ada seorangpun tahu kapan Allah akan mencabut nyawanya.

Hari ini diawali dengan berita kematian tetangga sebelah. Kematian seorang bapak yang meninggalkan 2 anak yang masih kecil. Beliau sakit sudah cukup parah dan lama. Ia menyusul istrinya yang sudah mendahuluinya beberapa tahun kelam.

Kemarin pagi juga ada berita kematian dari tetangga jauh tapi masih satu desa di desa kami. Yang baru diketahui meninggal setelah 7 hari berlalu.

Kemarin lusa aku juga baru takziah ke teman satu pengajian di kecamatan sebelah. Suaminya meninggal karena kecelakaan. Koma selama beberapa hari dan Allah memutuskan waktunya di dunia ini. Tercium bau wangi yang menyusup menjelang kematian dan setelahnya.

Semua ada cerita dan pasti ada hikmah di dalamnya. Semoga mereka semua diterima amal ibadahnya dan diampuni dosa – dosanya. Aamiin…

Aku dan bapak selalu berbicara, “kita masih beruntung….”. Allah masih memberikan kondisi yang masih lebih baik dari mereka. Ketika mama meninggal, kami sudah berusia dewasa. Bapak sudah pensiun dan tinggal berusaha menguatkan iman kami untuk selalu ikhlas dan tegar ketika mama sudah tidak ada.

Ya… kita masih beruntung dengan segala yang ada. Allah masih memberi kebaikan dengan begitu banyaknya pelayat yang memberikan doanya pada mama. Dengan proses yang meninggal begitu mudah. Semoga husnul khotimah…. Aamiin.

Untuk kita yang masih bernyawa. Allah masih memberikan kesempatan bagi kita untuk berbuat semau kita asalkan masih dalam batasan syar’i. Allah memberikan petunjuk Al Qur’an untuk bisa kita amalkan. Sunnah Rasulullah yang bisa kita contoh. Kejadian – kejadian yang bisa kita ambil hikmahnya. Kita masih punya waktu untuk beramal baik, amal yang akan menjadi bekal kita di akhirat kelak.

Segala yang kita punyai saat ini tentu tidak bisa kita bawa ke akhirat semuanya. Kita harus pandai – pandai untuk selalu berpikir, apa saja yang kita punyai saat ini yang bisa mengantarkan kita ke surga-Nya? Baik harta kita, ilmu kita atau amalan – amalan lainnya. Mintalah selalu pada Allah untuk memberikan rezeki yang mendekatkan kita ke surga-Nya, minta ilmu yang bisa mendekatkan kita ke surga-Nya dan apapun di dunia ini yang bisa mendekatkan kita ke surga-Nya. Dan jadikan seluruh kegiatan kita dengan niatan ibadah.

Karena kita tak tahu kapan kita akan dijemput….

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s