Colonoscopy


via WordPress for Phone app.

Colonoscopy, sebuah tindakan untuk memasukkan alat melalui anus supaya mengetahui tentang keadaan alat pencernaan bagian bawah.

Kamu suka selfi? Iya, itu lho kegiatan yang dilakukan orang-orang untuk memotret dirinya sendiri. Nhah, di colonoscopy ini benar-benar selfi walaupun dibantuin pak dokter sama perawat-perawatnya… hihi… ada-ada aja ya. Soalnya di colonoscopy kamu bakalan dapet foto2 perjalanan alat di ususmu itu.

Alat tersebut dipasangi kamera dan sensor cahaya. Colonoscopy dilakukan untuk mengetahui ada apa sih di dalam alat pencernaan kamu itu? Semisal bagi orang yang diarenya berkepanjangan hampir sebulan, dokter akan mencari penyebab diare itu. Contohnya saja kasus ibuku.

Hari ini beliau akan melakukan colonoscopy, walaupun beliau ga punya hoby selfi *ga ada hubnya… Hehe…. Ibuku sudah mengalami diare sejak tanggal 29 September hingga aku menuliskan post ini. Ya hari ini, 26 Oktober. Sudah hampir sebulan. Awalnya dianggap sebagai diare biasa tapi setelah diopname di suatu klinik, diare tersebut tetap berlangsung walaupun intensitasnya berkurang. Namun ibuku dibolehkan pulang saat itu.

Dua hari di rumah, masih dengan diarenya sebanyak min 3x sehari bahkan hingga 5x sampai 6x. Ibuku mulai lemas lagi, cairan tubuhnya mulai berkurang lagi. Alhasil kami membawanya kembali ke klinik yang lain. Di klinik ini pun sama, opname sudah hampir seminggu tapi belum ada perubahan terhadap diare tersebut. Namun, kami tetap dibolehkan pulang. (Jujur, aku bingung dengan tindakan dokter sekarang ya, wong jelas-jelas belum berhenti diarenya mengapa ibu dibolehkan pulang???). Dan kami kekeuh untuk minta surat rujukan ke dokter spesialis.

Benar sekali, dua hari di rumah, kami balik lagi ke seorang dokter. Kondisi ibu semakin lemah dengan ditambah pembengkakan pada kakinya. Akhirnya dari dokter tersebut meminta untuk diperiksakan ke rumah sakit besar saja. Ya, berbekal satu surat rujukan dari klinik pertama dan satu surat rujukan lagi dari klinik kedua, kami mendaftarkan ibu ke poli dalam di sebuah rumah sakit yang cukup besar.

Di rumah sakit ini, kami mendapatkan kabar supaya ibu diopname lagi. Kami si iya – iya aja. Pokoknya kalau di sini belum sembuh, kami tidak akan membawanya pulang. Kami berobat untuk sembuh. Dan sudah delapan hari ibu diopname akhirnya tindakan colonoscopy diambil di hari ini. Penambahan dosis obat diare sudah dilakukan sejak awal opname di sini namun diare tetap lancar jaya. Yaa mungkin pencernaannya memang bermasalah. Aku si berharap semoga hari ini benar-benar ketemu aja puncak permasalahannya. Langsung ditangani dan tak ingin berlarut-larut dalam permasalahan itu. Semoga berhasil…! Berhasil…! (pake iramanya Dora the Explorer)

“Ganbatte mom, semoga Allah kuatkan engkau dan Allah angkat segala penyakit yang ada padamu. Allah berikan kesemangatan dan kesabaran padamu. Dan aku tahu engkau itu ibu yang kuat. Allah sedang mengujimu dan kami tentunya hingga kita bisa menjadi hamba yang bersabar atas segala situasi dan bersyukur atas segala nikmat yang Allah berikan. Aamiin.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s