Sekret


Sekretariat UKKI seringkali disingkat ‘sekret’, mungkin bisa juga di sebut kantor, markas besar, ruko, dan sebagainya. Pada mulanya sekret UKKI terletak di MUA lantai 1 dekat dengan bagian jama’ah ikhwan. Pada tahun ini 1433H, sekret ini resmi dipindahkan di tepi kiri MUA, masih satu kompleks, dekat dengan bank, toko buku, toko busana muslim, jasa komputer dan IT, dan jasa travel.

Suatu mimpi besar, dimana kompleks MUA dijadikan sebagai ISLAMIC CENTER di UNNES, banyaknya jama’ah yang hadir tiap jamnya, kajian-kajian dihadiri jamaa’ah sampai full, pusat ekonomi yang terbangun, ramai dikunjungi dan ketika ada adzan pertokoan langsung ditutup sementara untuk ikut shalat berjama’ah, dimana-mana akan terdengar tilawah, mahasiswa memanfaatkan waktu kosongnya untuk membaca di perpustakaan masjid, shalat dhuha begitu ramainya seperti shalat wajib, para pejabat kampus ikut berjama’ah, ada kultum tiap seusai shalat, dan mentoring kan selalu terlihat tiap jamnya., Masjid kampus yang bukan hanya milik para takmir dan aktivis yang selalu mengadakan agenda di situ, tapi milik semua warga kampus yang muslim tentunya., Masjid yang selalu ramai bukan hanya ketika Ramadhan saja,, Masjid yang selalu dirindukan karena ketenangan dan kesejukan yang diberikan kepada para jama’ah.., Masjid yang selalu ada di hati ini, masjid yang terkenang dan tak terlupakan.

Sekret, termasuk salah satu bagian yang sulit terpisahkan dengan masjid. Walaupun kondisi sekarang secara fisik sudah terpisah, namun kedekatannya masih bisa dirasakan. Ketika ada agenda, temen-temen seringkali menggunakan masjid sebagai tempatnya, dan syuro’, diskusi, persiapan berbagai macam hal dilakukan di sekret. Maka dari itu, sekret sebagai pusat gerak dakwah dari aktivis rohis di UNNES, bukan hanya UKKI namun rohis fak dan jurusan pun dapat memakainya. Sekret yang selalu diwarnai dengan tilawah, taujih, diskusi, syuro’ dan terkadang untuk tempat istirahat sejenak setelah aktivitas yang padat. Ada tawa, canda, serius, geregetan, tangis, duka, dan hening menjadi rasa ‘ngeh’ tersendiri ketika berada di sekret.

#Sekret yang dikangenin

rapi amat juga ga, bersih tpi kotornya juga sering, penuh dengan kertas dan perabot yang biasa dibutuhkan ketika acara-acara, dihiasi dengan pintu doraemonnya yang terlepas dan sekarang alhamdulillah sudah terpasang kembali. Sekret dengan hijab biru mudanya yang bercorak menandakan  keceriaan, selalu membuat kangen. Walau hanya sepekan meninggalkan, rasanya sangat ingin beraktivitas di situ, baik sekedar numpang online, menyendiri mengerjakan skripsi seharian ataupun hanya beberapa menit ngutak-ngutik komputer di dalamnya (sayang sekarang komputernya mati karna hardisknya rusak.., belum ada yang benerin). Beberapa kali kerja bakti membersihkan sekret, punya efek yang jitu untuk menyatukan penghuni-penghuninya. Karena bersih-bersih mendekatkan kita, mengakrabkan kita, menyolidkan kita. Sebelum kumpul, tentunya woro-woro, stelah selesai pasti ada saja yang ngajak ‘makan yuk?’ itu yang paling kusuka😀.

#Sekret yang Luas

itu idaman kita, . dengan kondisi barang seabreg, sampai barang-barang banyak yang kita jual karena sudah berpuluh-puluh taun tidak terpakai membuat kita menjadi cukup memeras otak untuk meletakkan harta karun kita., he..  ntah dimana itu sofa (masih di toko belum diambil), dimana letak lemari besar, lemari besi, rak kayu, etalase, meja, kursi dan hijab. Beberapa posisi kita coba, dengan hijab yang mereng lah, lemari yang digeser-geser dan berbagai perlakuan lain sehingga kita mendapatkan posisi yang terakhir ini yang sekiranya cukup nyaman ketika dipakai pas syuro’. Kuota bisa sampai 20 orang, dengan duduk lesehan sambil sesekali rubah posisi karena kesemutan, membuat kita semakin dekat tentunya (akhwat sama akhwat, ikhwan sama ikhwan lho..)he.. dan harus super hati-hati bagi yang duduk deket hijab, jangai sampai nyrempet yang di seberang sana., Alhamdulillah,, masih sangat bersyukur dengan sekret yang ada. Baik luas atau pun sempit, tak akan menyurutkan langkah kita untuk terus berdakwah, sepakat ga teman-teman??

Sekret, bagian yang tak terpisahkan dari kita.

Karenanya, kita punya rumah dakwah…

Karenanya, kita masih ada tempat bernaung…

Karenanya, proses dakwah di kampus tetap berjalan…

Karenanya, kita mengenal satu sama lain…

Karenanya, ego-ego kita semakin terkikis hingga ada kesatuan gerak mewujudkan visi…

Karenanya, menjadi saksi tentang kesungguhan kita dalam bergerak…

Karenanya,,, kita punya rumah ‘sedekat sahabat

Rumah yang harus kita jaga, kita rawat dan menghiasinya dengan kebaikan-kebaikan.

^^ Mari kita cintai rumah kita!

5 thoughts on “Sekret

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s