Mengeluh? oo.. tentu tidak!


Wahai kawan., sesungguhnya jika engkau mengeluh akan menambah beban dalam hidupmu. Ketika mengeluh, seringkali kita bercerita tentang kekurangan-kekurangan yang kita alami. Apalagi ketika kita mengeluh kepada sesama manusia, sama saja, mereka juga punya masalah, pasti hanya ada rasa puas saja untuk menceritakan keluhan itu, padahal yang kita cari adalah solusi!
ya percuma saja bila kita hanya mengutarakan keluhan – keluhan itu tanpa mencari solusi!

Berbeda lagi ketika kita mengeluh pada Allah yang memberikan segalanya bagi kita. Mengeluh di sini diartikan bahwa kita menceritakan tentang kesulitan yang kita hadapi dan minta pentunjuk-Nya.., menangislah di hadapan-Nya,. karena Allah yang menurunkan Ujian, pasti Ia lah yang punya kunciNya.

Kita sadar bahwa kita adalah makhluk yang lemah, semua kekuatan berasal dari Allah. Kita butuh kekuatan dari-Nya dalam melakukan segala sesuatu,. mintalah kekuatan padaNya,.

Kawan, masih ingatkah kita pada ayat yang artinya..”.. jadikan sabar dan shalat sebagai penolongmu…” dalam QS Al Baqarah:153. Ketika ayat ini dijadikan motto hidupmu, pastilah semuanya akan berjalan dengan lancar. Tidak saling membebani dan kita semakin optimis dalam menjalani hidup.
Misalkan seperti ini, ketika kita punya masalah., sabarlah dan shalatlah,. ceritakan semuaNya kepada Rabb yang menurunkan segala petunjuk, yakinkan dirimu bahwa Allah akan menguatkan kita dalam persoalan itu,. yakinlah,. kalau di film India ada “All is well” ya di sini yakinlah bahwa “Allah always be there” Allah akan senantiasa ada, kapanpun itu. Dan selepas shalat,, cerialah.., berikan senyum terbaikmu, jangan biarkan ekspresi sedih terlihat oleh orang lain,. karena dengan berwajah ceria, semangat akan mengalir ke orang-orang di sekitarmu, dan tak menambah beban mereka dalam memikirkanmu.
Pastinya kita ingin dong tidak membebani orang lain dengan masalah-masalah kita. So.. pegang ayat tersebut dalam hidupmu., jadikan itu sebagai penyemangatmu dalam menjalani sulitnya hidup di bumi Allah.

So.., tak usahlah mengeluh pada sesama,. karena kita sama-sama punya masalah..,
cerita boleh, curhat boleh, tpi tidak berlebihan., cari solusi! cari solusi! udah dapat?? langsung action!
jangan terpaku pada suatu masalah,. karena pasti akan ada masalah lain yang harus kita hadapi di depan.
Jadikan setiap masalah menjadi proses pendewasaan kita, bukan malah menggerutu dengan masalah yang ada. Kalau menggerutu malah itu sebuah masalah…,

Yup, sekilas tentang keluhan dan masalah kita. Semoga bisa menjadi titik terang kita untuk kembali padaNya.

Semangat Kawan!!!

2 thoughts on “Mengeluh? oo.. tentu tidak!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s